Beranda BinKam Pengunaan Dana Desa Manggungjaya Kec.Rajapolah Transparan dan Aspiratif

Pengunaan Dana Desa Manggungjaya Kec.Rajapolah Transparan dan Aspiratif

1652
0
Saat ini transparasi penggunaan anggaran pembangunan sudah merupakan kewajiban yang harus diterapkan oleh semua elemen pemerintahan dari level pusat hingga desa. Hal tersebut seperti tergambar pada kegiatan hari ini Selasa 17 Oktober 2017 di GOR Desa Manggungjaya Kec. Rajapolah Kab.Tasikmalaya.
Pagi itu sekitar 30 orang warga Ds.Manggungjaya mendatangi Kantor Desa Manggungjaya untuk melaksanakan audiensi dengan Kepala Desa meminta penjelasan terkait penggunaan dana desa. Hadir dalam kegiatan itu Muspika Rajapolah termasuk Kapolsek AKP Glatiko Nagiewato,SH, BPD Manggungjaya serta warga yang dikoordinir oleh Sdr.Henhen.
Dalam kesempatan itu warga meminta penjelasan tentang penggunaan anggaran Dana Desa tahap I tahun 2017. Selain itu warga juga menanyakan sisa anggaran pembangunan tahap I Tahun 2017.
Kades menjelaskan kepada warga bahwa dari pembangunan tahap I ada sisa anggaran sebesar Rp. 63 juta dan saat ini uang tersebut ada di Rekening Kas Desa. Untuk menyakinkan warga, Kepala Desa  diperlihatkan bukti rekening dimaksud.
Setelah mendapat penjelasan tersebut warga meminta agar sisa anggaran tersebut segera direalisasikan untuk pembangunan di 3 titik yaitu di jalan lingkungan Kp.Panembong, perbaikan jalan di Kp. Bojongsari dan jalan di Kp Mekarsari sesuai dengan aspirasi warga yang sebelumnya sudah disanggupi oleh Kades.
Menanggapi aspirasi warga tersebut, Kades menyanggupi untuk merealisasikan dana sebanyak 50 % yaitu sebesar Rp. 30 juta untuk pembangunan di 3 titik tersebut. Atas saran dari Pendamping Desa sdr. Dodi, bahwa untuk proses pembangunan di 3 titik tersebut harus direncanakan terlebih dahulu, harus ditempuh melalui RKPDes perubahan.
Menyepakati pertemuan tersebut, perwakilan warga dan Kades menyerahkan kepada pelaksana untuk merencanakan terlebih dahulu agar proyek sesuai aturan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini