Beranda BinKam Polres Tasikmalaya Kota Latihan Pengendalian Massa Menjelang Pengamanan Pemilukada 2017

Polres Tasikmalaya Kota Latihan Pengendalian Massa Menjelang Pengamanan Pemilukada 2017

1017
0

Sabtu pagi, 3 September 2016 anggota Polres Tasikmalaya Kota melaksanakan  apel dengan kekuatan penuh. Personil gabungan Polres dan Polsek serta dari satuan fungsi telah siap menghadapi kegiatan hari ini.

IMG-20160903-WA0007

Menjelang Pemilukada yang akan dilaksankan pada awal tahun 2017 Polres Tasikmalaya Kota dari jauh-jauh hari telah melaksanakan berbagai kesiapan. Salah satu kesiapan tersebut adalah berupa latihan yang dilaksanakan hari ini. Materi yang dilatihkan adalah tehnik pengendalian massa secara berjenjang sesuai eskalasi. Dalam skenario pertama diceritakan situasi di sebuah tempat pemungutan suara Pemilukada, suasana yang awalnya berlangsung tertib menjadi ricuh saat ada seseorang warga yang tidak puas karena tidak dapat memberikan hak pilihnya. Personil Linmas di TPS dan petugas Pam TPS berhasil menguasai keadaan hingga kericuhan tidak melebar. Pada skenario selanjutnya diceritakan adanya massa yang tidak bisa menerima hasil Pemilukada melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor KPU yang berujung anarkis. Namun kembali petugas gabungan dapat menguasai keadaan walaupun sempat terjadi bentrokan antara massa dengan petugas.

Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kota Kompol Gandi Jukardi,SH,MH selesai latihan ini menjelaskan : “Latihan ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali seluruh personil tentang SOP penanganan suatu unjuk rasa. Setiap petugas Polri harus mengetahui bagaimana cara bertindak petugas dilapangan dalam tiap-tiap level situasi. Hari ini Kami menekankan latihan pada tataran teknis, nanti hari Selasa (07/09) akan Kami laksanakan latihan secara real di lapangan.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini