Beranda Headline Satuan Pengamanan di Wilayah Polres Tasikmalaya Kota Gelar Upacara HUT Satpam

Satuan Pengamanan di Wilayah Polres Tasikmalaya Kota Gelar Upacara HUT Satpam

1033
0

Perisai, kobaran api, pentungan / gada serta padi dan kapas menjadi logo atau simbol dari organisasi ini.  Ya mereka adalah Satuan Pengamanan atau lebih dikenal dengan Satpam. Sebuah potensi masyarakat terorganisir yang membantu tugas Polri menciptakan Kamtibmas di wilayah tertentu.

Hari ini Satuan Pengamanan di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota melaksanakan upacara HUT Satpam ke-38 tahun 2018. Sebenarnya tanggal HUT Satpam jatuh pada tanggal 30 Desember setiap tahunnya. Sejarah lahirnya Satpam ini merupakan jasa besar dari Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin mengeluarkan SK Kapolri; No. SKEP/126/XII/1980. Surat Keputusan (SK) bertanggal 30 Desember 1980 itu berisi tentang pola pembinaan satuan pengamanan. Sejak saat itu, tanggal 30 Desember diperingati sebagai hari lahirnya Satpam Indonesia.

Wakapolres Tasikmalaya Kota Kompol Widi Setiawan,S.IK,MH menjadi Inspektur Upacara pada kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu 2 Februari 2019 jam 8.30 WIB di Lapangan Upacara Mapolres Tasikmalaya Kota Jl.Letnan Harun Kota Tasikmalaya. Inspektur upacara membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Prof.Dr.Tito Karnavian,Phd. Adapun tema HUT Satpam tahun ini adalah : “Peningkatan Kompetensi, Kualifikasi dan Sertifikasi Menyongsong Era Digitalisasi Serta Membudayakan Keamanan Untuk Keselamatan Kerja Dalam Rangka Pemulihan Profesi Satpam Indonesia Guna Mendukung Polri Dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”

Pasukan upacara hadir dari Satpam berbagai macam instansi dan perusahaan, Polsus Pemasayarakatan, Polsus Kehutanan, Sat Pol PP serta adik-adik pelajar. Selesai kegiatan upacara, beberapa perwakilan Satpam menampilkan peragaan berupa kemampuan beladiri dan cara menangani gangguan keamanan di lingkungan kerja.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini