Beranda Headline Kapolda Sulsel Kunjungi Masyarakat Adat Kampung Naga

Kapolda Sulsel Kunjungi Masyarakat Adat Kampung Naga

1329
0

Kapolda Sulsel Irjen Pol DR.Drs. Anton Charliyan, MPKN pada Minggu 17 Juli 2016 mengunjungi masyarakat adat Kampung Naga yang terletak di Ds.Neglasari Kec.Salawu Kab.Tasikmalaya. Irjen Pol DR.Drs. Anton Charliyan,MPKN yang merupakan putra daerah Tasikmalaya datang bersama dengan tim Nawacita Institute Jakarta. Maksud dari kedatangan tim tersebut adalah untuk mengenal lebih jauh tentang masyarakat adat Kampung Naga yang keberadaanya sudah dikenal bahkan hingga ke mancanegara. Tim Nawacita Institute ingin mengetahui bagaimana sejarah dan sistem kemasyarakatan Kampung Naga ini.
Selain itu kedatangan tim juga bertujuan untuk mensosialisasikan program pedesaan yang salah satunya adalah transaksi pedesaan / Kios Bank.

IMG-20160718-WA016

Kedatangan Irjen Pol DR.Drs. Anton Charliyan,MPKN yang merupakan warga kehormatan masyarakat Kampung Naga ini disambut dengan antusias oleh sesepuh dan warga  Kampung Naga. Selain itu beberapa organisasi kemasyarakatan turut hadir yaitu Paguyuban Adeg Hanjuang, Padepokan Paguron Padjadjaran, Margaluyu 151 Tasikmalaya dan Bandung, LSM GMBI dan PEKAT.
Irjen Pol DR. Drs. Anton Charliyan,MPKN menjelaskan dengan rinci latar belakang serta sejarah berdirinya masyarakat adat Kampung Naga. Beliau sangat memahami seluk-beluk keberadaan masyarakat adat tersebut.

IMG-20160718-WA010

Sebagai catatan pada tahun 2009, sebagai bentuk pernghargaan bagi masyarakat setempat, beliau yang pada saat itu menjabat sebagai Kapolwil Priangan menjadi seorang inspirator berdirinya sebuah monument/tugu yang menjadi ikon di Kampung Naga. Setelah malalui proses pembuatan kurang lebih satu tahun, berdirilah Tugu Kujang Pusaka di halaman menuju lokasi Kampung Naga. Tugu Kujang tersebut menjulang setinggi 3 meter dan lebih istimewa lagi bahwa material Tugu Kujang tersebut dibuat dari leburan senjata pusaka milik 900 kerajaan di Nusantara. Sehingga Tugu Kujang Pusaka ini menjadi perlambang betapa kuatnya budaya dan masyarakat Sunda, selain itu Tugu ini mengisyaratkan pentingnya persatuan antar suku bangsa khususnya dalam menghadapi tantangan zaman saat ini.

IMG-20160718-WA002

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini