Beranda Headline PELATIHAN PENANGANAN BENCANA DAN MITIGASI BENCANA POLRES TASIKMALAYA KOTA

PELATIHAN PENANGANAN BENCANA DAN MITIGASI BENCANA POLRES TASIKMALAYA KOTA

302
0

Menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Tujuan mitigasi bencana

  • Mengurangi dampak yang ditimbulkan, khususnya bagi penduduk
  • Sebagai landasan (pedoman) untuk perencanaan pembangunan
  • Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak/resiko bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman

Sehingga pada hari Kamis, tanggal 27 Mei 2021 Polres Tasikmalaya Kota melaksanakan simulasi mitigasi bencana dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan anggotanya jika sewaktu waktu terjadi bencana alam. Kegiatan bertempat di Objek Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2021, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP. Doni Hermawan, SH., S.I.K., M.Si. memimpin Kegiatan Apel Pelatihan Penanganan Bencana dan Mitigasi Bencana di Wilayah Hukum Polres Tasikmalaya Kota. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama dengan instansi terkait diantaranya BASARNAS, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, PMI, SatPol PP dan tentunya TNI POLRI.

Simulasi dilaksanakan seolah-olah terjadi bencana alam banjir benar-benarterjadi di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota. Semua peralatan digunakan mulai dari Tenda darurat, perhau motor hingga ambulance. Cara pelaporan, langkah-langkah yang harus dilakukan ketika menerima laporan dan cara evakuasi korban dilakukan sesuai SOP yang berlaku.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan setelah selesai dilaksanakan apel konsolidasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini