Beranda Headline Polsek Sukaresik Siap Siaga Menghadapi Bencana Banjir

Polsek Sukaresik Siap Siaga Menghadapi Bencana Banjir

834
0

Pada hari Kamis Tanggal 6 Oktober 2016, jam 10.00 Wib. Kapolsek Sukaresik Iptu Aam Muharam  bersama dengan Kanit Bimas Brigpol Nanang Kurnia Berkunjung ke Posko Siaga bencana di daerah rawan banjir Desa Tanjungsari Kecamatan.Sukaresik melakukan kontrol aliran Sungai Citanduy dan Sungai Cikidang yang menjadi Penyebab terjadinya banjir apabila ada curah hujan tinggi dan berkepanjangan di daerah Sukaresik, Di Posko tersebut Kapolsek Sukaresik berdialog dengan petugas dari BPBD apabila terjadi banjir yang merendam Perumahan Penduduk.
Perlu diketahui bahwa di daerah Desa.Tanjungsari ini tepatnya di Kampung. Bojong Soban adalah Kampungn yang paling parah terendam air kadang-kadang  sampai atap rumah apabila terjadi banjir, dan apabila terjadi Hujan deras mengguyur lebih dari 2 jam para petugas dari BPBD sudah siap siaga di Posko untuk antisipasi dan menyiapkan Perahu karet untuk Persiapan Evakuasi bila ada korban.
Daerah Desa.Tanjungsari adalah daerah langganan banjir bila musim hujan tiba dan kami pun dari pihak Kepolisian sektor Sukaresik senantiasa siap siaga untuk antisipasi apabila banjir terjadi dan bergabung dengan petugas dari BPBD juga Intansi terkait untuk Menolong atau mengevakuasi Korban apabila diperlukan dan itu sudah biasa dilakukan apabila musim hujan tiba.
Daerah skitar Wilayah Desa. Tanjungsari ini sebenarnya terletak pada daerah dataran yang cukup tinggi kalau dilihat dari kawasan kota Tasikmalaya, akan tetapi tetapi daerah tersebut dihapit oleh dua Sungai besar yaitu Sungai Cikidang dan Sungai Citanduy yang sama-sama Sumber airnya dari daerah Ketinggian arah Danau dan Gunung dari Panjalu dan Guranteng perbatasan Majalengka dengan Pagerageung yang sama-sama mengalir satu arah turun ke bawah melalui daerah Tanjungsari dan pertemuan dua sungai tersebut tepat di Kampung. Bojong Soban dan apabila hujan tiba terutama di daerah hulu sungai maka volume air mengalir deras dan tidak tertampung yang akhirnya meluap dan merambah ke perkampungan maka Kampung yang paling parah terendam banjir adalah Kampung. Bojong Soban di Desa. Tanjungsari tersebut, tapi waktu terjadinya banjir apabila hujan berkelanjutan dan apabila hujan reda , Air yang merendam Kampung tersebut berangsur-angsur menyusut karena kembali lagi ke Sungai dan terus turun kebawah melintas Sungai utamanya Citanduy yang melintasi daerah Rajapolah, sebagian Wilayah Kota Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan seterusnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini