Beranda Headline Seperti Jamur di Musim Hujan, Petasan dan Kembang Api Marak di Bulan...

Seperti Jamur di Musim Hujan, Petasan dan Kembang Api Marak di Bulan Ramadhan

255
0
BERBAGI

Seolah menjadi kebiasaan tiap datang bulan Ramadhan, para penjual petasan dan kembang api yang tidak sesuai standar keamanan menjamur di bebeberapa sudut Kota Tasikmalaya. Para penjual kembang api dan petasan ini seolah ingin memanfaatkan kesempatan sekali dalam setahun ini.
Tindakan beberapa warga masyarakat yang mayoritas anak-anak dan remaja dalam bermain petasan dan kembang api yang menimbulkan ledakan di udara ini dirasakan cukup mengganggu suasana khusyuk pelaksanaan ibadah. Karena ketidaktahuan para remaja dan anak-anak ini, ditambah sikap tidak peduli orang tuanya, maka remaja dan anak-anak ini dibiarkan membakar petasan dan kembang api. Padahal dalam intruksi manual yang ada pada kembang api yang menimbulkan ledakan diharuskan dimainkan di tempat lapang terbuka dan didampingi orang dewasa. Sehingga tidak jarang terjadi gangguan kenyamanan karena mainan tersebut bahkan hingga ada yang mengalami luka bakar hingga harus diamputasi.

IMG-20160607-WA025
Untuk mencegah dan menindak gangguan Kamtibmas tersebut, Sat Sabhara Polres Tasikmalaya beserta Unit Sabhara Polsek Jajaran melakukan kegiatan razia petasan dan kembang api secara intensif. Seperti yang dilakukan setelah Shalat Subuh dan siang hari ini, ratusan butir petasan berbagai jenis dan uuran berhasil disita baik dari pedagang maupun dari yang akan memainkannya. Setelah dicatat dalam administrasi penyitaan hasil operasi penyakit masyarakat, kemudian seluruh barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara disobek pada bagian pembungkusnya dan direndam dalam sebuah ember plastik. Tindakan tersebut sekaligus dilakukan untuk menjaga keamanan agar petasan dan kembagn api tersebut tidak meledak baik akibat ketidaksengajaan ataupun dari faktor kelembapan dan cuaca panas.

IMG-20160607-WA018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here